Perawatan perangkat lunak (software maintenance) adalah aktivitas yang dimulai sejak perangkat lunak mulai digunakan (after delivery) hingga akhirnya perangkat lunak tersebut tidak dapat digunakan lagi (retired). Tujuannya adalah untuk memperbaiki kesalahan (to correct), meningkatkan kinerja/ fungsionalitas (to improve), menyesuaikan dengan lingkungan (to adapt), atau untuk mencegah terjadinya kesalahan (to prevent).
Dengan beragamnya tujuan perawatan perangkat lunak, maka jenis
perawatan perangkat lunak dapat dibagi menjadi empat pula, yaitu
perawatan perbaikan (correction), perawatan peningkatan kinerja (improvement), perawatan penyesuaian (adaptation), dan perawatan pencegahan (prevention).
Akan tetapi, secara umum, jenis perawatan perangkat lunak dapat
dikelompokkan kedalam dua kategori besar, yaitu perawatan perbaikan (correction) dan perawatan peningkatan (enhancement). Perawatan jenis kedua mencakup perawatan improvement, adaptation, dan prevention.
Sayangnya, perawatan perangkat lunak belum dipahami sebagai sebuah
proses yang harus dilakukan untuk menjaga agar perangkat lunak tetap
dapat digunakan dengan optimal, sesuai dengan kebutuhan penggunanya.
Umumnya, para pengguna berpendapat bahwa sekali sebuah perangkat lunak
selesai dibangun, perangkat lunak tersebut seharusnya dapat langsung
digunakan, dan dapat terus digunakan dalam jangka waktu yang relatif
lama…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar